Cara Berbuat Baik Kepada Allah│YDSF

Cara Berbuat Baik Kepada Allah│YDSF

15 Oktober 2019

Sering kita melupakan bahwa apa yang sedang dimiliki saat ini adalah hasil usaha sendiri. Padahal, apa yang dimiliki manusia sesungguhnya adalah pemberian Allah. Sedikit atau banyak, semuanya adalah kebaikan Allah.

Dengan kesadaran bahwa Allah telah baik pada kita, maka menjadi kewajiban kita pula untuk berbuat baik pada Allah. Sebagai bentuk rasa syukur atas segala kebaikan-Nya.

Bagaimana cara berbuat baik pada Allah? Ada banyak cara berbuat baik pada Allah yang di antaranya sebagai berikut;

Sholat Tepat Waktu dan Berjamaah

Jangan pernah mengakhirkan waktu sholat. Segeralah datang ke masjid jika mendengar adzan. Tinggalkan segala urusan karena tak ada urusan di dunia yang lebih penting daripada urusan akhirat. Jangan menunda-nunda melaksanakan sholat tanpa uzur yang jelas dan perjuangkanlah sholat berjamaah di masjid.

Berbuat Baik pada Orangtua

Begitu mulianya kedudukan orangtua dalam Islam. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

رِضَى الرَّبِّ فِي رِضَى الوَالِدِ، وَسَخَطُ الرَّبِّ فِي سَخَطِ الْوَالِدِ

“Ridha Allah tergantung pada ridha orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua” (Hasan. at-Tirmidzi : 1899,  HR. al-Hakim : 7249, ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabiir : 14368, al-Bazzar : 2394).

Maka dari itu jangan menunda kesempatan berbuat baik pada orangtua jika keduanya masih hidup. Dan apabila sudah meninggal, teruslah mendoakannya agar mendapatkan ampunan dari Allah.

Berjuang di Jalan Allah

Berusaha memakmurkan masjid, membantu kaum dhuafa, mengorbankan harta untuk agama adalah bentuk jihad fisabilillah yang nyata. Yaitu menjadikan diri bermanfaat bagi muslim yang lain dengan cara yang dianjurkan oleh Rasulullah.

Jangan Berbuat Kerusakan di Muka Bumi

Allah tidak hanya memerintahkan kita berbuat baik pada manusia, tapi juga berbuat baik untuk lingkungan. Dalam Alquran telah difirmankan bahwa Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan di muka bumi. Allah memerintahkan kita baik pada sesama makhluk Allah yang telah diciptakan untuk melengkapi keseimbangan alam.

Allah tidak membutuhkan perbuatan baik manusia, namun sebaliknya 'kita yang harus menjadikan diri butuh untuk berbuat baik pada Allah. Berbagai anugerah Allah telah kita dinikmati dengan nilai yang terhitung. Maka sudah sepantasnya kita selalu bersyukur dengan berbagai amal sholeh. Wallahua'lam bishawab. (nra)

 

Baca juga

 

KISAH BERTEMUNYA SAHABAT DENGAN SANG PENGEMIS

 

SEDEKAH ITU TIDAK MEMBUAT MISKIN

 

Rezeki Yang Allah Berkahi

 

Orang-Orang Yang Didoakan Malaikat

 

Kepada Para Pencari Nafkah

 

 

Tags:

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: