Bersama YDSF, Mari Menjadi Pahlawan

Bersama YDSF, Mari Menjadi Pahlawan

9 November 2022

Terdapat berbagai cara agar seseorang bisa menjadi pahlawan di era masa kini. Yang perlu kita lawan sekarang adalah kemiskinan dan kebodohan. Bersama YDSF, mari menjadi pahlawan sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Memang, sudah bukan zamannya lagi berjuang dengan senjata. Namun, kita dapat berjuang dengan keilmuan, harta yang dimiliki, dan jalur kebaikan lainnya.

Setiap 10 November, bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Pahlawan. Sebagai bentuk menghormati dan menghargai perjuangan para pahlawan saat tragedi 10 November 1945. Apresiasi kepada para pahlawan terdahulu harus kita buktikan dengan keseriusan dalam meneruskan kehidupan bangsa menjadi lebih baik.

Dalam Islam semua orang bisa menjadi pahlawan. Tidak hanya terbatas untuk generasi terdahulu saja. Pahlawan dalam Islam disebut orang yang berjihad fisabilillah. Ada tiga cara untuk menjadi pahlawan: pertama berjuang dengan fisik (berperang), kedua berjuang dengan menuntut ilmu, dan ketiga berjuang dengan harta.

Dalam masa damai sudah tidak ada kewajiban berperang. Tetapi masih ada dua cara agar kita termasuk orang yang berjihad fisabilillah, yaitu dengan menuntut ilmu dan berjuang dengan harta. Di sisa umur kita hendaknya menyempatkan untuk menambah ilmu setiap harinya. Namun, kita merasa kesulitan untuk bisa berjihad dengan fisik dan ilmu, masih ada pilihan untuk berjihad dengan harta.

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjuang (berjihad) dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar.” (QS Al-Hujurat: 15).

Berjuang bersama YDSF

Jihad dengan harta tidak harus dengan nominal besar. Berapa pun nominalnya jika dikumpulkan dari banyak orang akan menjadi besar. Di sinilah peran Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF). Menjadi jembatan antara dermawan dan yang membutuhkan. Mewadahi orang yang mau berjihad dengan hartanya, untuk menjadi pahlawan bagi sesamanya.

Sejak 34 tahun yang lalu, YDSF telah berkomitmen untuk menyalurkan dana umat. Mengelola dana Zakat, Infaq, dan Sedekah secara profesional. Melalui lima bidang garap yaitu: Pendidikan, Yatim, Masjid, Dakwah, dan Sosial Kemanusiaan.

Baca juga: Membangkitkan Sisi Pahlawan dalam Diri | YDSF

Dalam bidang pendidikan, YDSF telah menjadi mitra Pemerintah Kota Surabaya untuk memberikan beasiswa kepada siswa-siswi yang ada di Surabaya. Bantuan pendidikan ini tidak hanya terbatas di Surabaya, tetapi juga sudah sampai ke kota-kota lain semisal Madura dan NTT.

Program Yatim YDSF bekerjasama dengan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dan Panti untuk memberikan biaya operasional dan bantuan pendidikan.

Sejak bertahun-tahun yang lalu YDSF telah mengirimkan pada dai untuk berdakwah di desa binaannya. Ini merupakan salah satu program dakwah YDSF. Para dai ini mengabdi dan mengajarkan nilai-nilai keislaman melalui berbagai metode. Ada yang berdakwah lewat pendidikan, ada yang berdakwah dengan perekonomian, dan berbagai keahlian yang mereka miliki.

YDSF juga memberikan bantuan pembangunan masjid. Salah satunya adalah pembangunan dua mushala hasil kerjasama dengan Forum Organisasi Zakat (FOZ) Jatim, yaitu Mushala Darussalam di Desa Kaliuling dan Mushala Amanah FOZ di Desa Kalirejo, Kecamatan Tempursari. Keduanya berada di wilayah Kabupaten Lumajang.

Bidang garap selanjutnya dari YDSF adalah program sosial kemanusiaan. Program berusaha memberikan kontribusi di bidang sosial dan kemanusiaan melalui program Komunitas Usaha Mandiri (KUM) dan program siaga bencana. Dalam kurun waktu tiga tahun, Tim Unit Aksi Cepat (UAC) YDSF telah terjun ke berbagai lokasi bencana untuk memberikan pertolongan pertama, pembinaan melalui trauma healing, dan berbagai program lainnya.

Paparan ini merupakan sedikit gambaran program yang telah dilakukan YDSF. Semua program ini tidak akan bisa berjalan tanpa bantuan dari para donatur yang bersedia menyisihkan hartanya untuk membantu sesama.

Kami mengajak para pembaca untuk turut serta menjadi pahlawan, berjihad fisabilillah bersama-sama dengan YDSF dengan niat mengharap ridha Allah Swt.

 

Sumber Majalah Al Falah Edisi November 2021

 

Perbanyak Sedekah Agar Hidup Semakin Berkah:


Artikel Terkait:

Masalah Halal dalam RUU Cipta Kerja | YDSF
KONSULTASI ZAKAT DARI TABUNGAN GAJI DI BANK | YDSF
Generasi Masa Kini Berpedoman Al-Qur’an | YDSF
ZAKAT PENGHASILAN SUAMI-ISTRI BEKERJA | YDSF
Rasulullah Menempa Kepahlawanan Ali bin Abi Thalib | YDSF
HUKUM LELANG DAN JUAL BELI WAKAF DALAM ISLAM | YDSF
Doa Memohon Rezeki yang Berkah dan Umur Panjang | YDSF

 

Perjalanan ke Pulau Terpencil Kangean | YDSF NEWS



Tags: pahlawan dalam islam, jadi pahlawan dalam islam, bersama ydsf jadi pahlawan

Share:


Baca Juga

Berbagi kebaikan lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: