UPDATE NEWS

...

Tuesday, 19 March 2019 02:00

Banyak Menghafal Alquran, Tubuh Jadi Semakin Sehat | YDSF

Alquran. Merupakan mukjizat terbesar Rasulullah Saw yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan umat muslim. Bukan hanya menjadi pedoman hidup, ternyata Alquran juga dapat memberikan banyak keberkahan dalam hidup.

Membaca saja memang tidaklah cukup. Ya. Sebagai seorang muslim, hendaknya kita juga mau menghafalkan Alquran. Karena dengan menghafal Alquran, akan semakin banyak manfaat dan berkah hidup yang kita dapatkan. Salah satunya dalam hal kesehatan. Percaya atau tidak, semakin banyak hafalan seseorang, ternyata akan semakin membuat orang tersebut sehat.

Dikutip dari baitulmaqdisdotcom (https://baitulmaqdis.com/), terdapat sebuah kajian baru membuktikan tentang pengaruh banyaknya hafalan Alquran terhadap kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Shalih bin Ibrahim Ash-Shani’. Guru besar psikologi di Universitas Al-Imam bin Saud Al-Islamiyyah, Riyadh, Arab Saudi, tersebut meneliti dua kelompok responden. Mereka terdiri dari mahasiswa/i Universitas King Abdul Abdul Aziz dan kelompok mahasiswa Al Imam Asy-Syathibi, yang mana dari kedua kelompok tersebut berjumlah sama yakni 170 responden.

Peneliti menyebutkan bahwa kondisi sehat secara psikologis dapat dinyatakan dengan adanya keselarasan psikis individu. Terdapat tiga faktor utama yang digunakan untuk dapat mendefinisikan kesehatan psikologis seseorang. Yakni dari aspek agama atau spiritual, sosiologis, dan jasmani. Parameter yang digunakan pada penelitian penelitian ini adalah kesehatan psikis dari Sulaiman Duwairiat, terdiri dari 60 unit.

Berdasarkan hasil penelitian ini, menyatakan bahwa terdapat korelasi positif antara peningkatan kadar hafalan dengan tingkat kesehatan psikis. Mahasiswa yang unggul dalam hafalan Alquran memiliki perbedaan tingkat kesehatan psikis yang sangat jelas.

Telah ada lebih dari 70 penelitian, baik dari pihak Islam maupun asing, yang menegaskan urgensi agama dalam peningkatan kesehatan psikis seseorang, kematangan, dan ketenangannya. Berbagai penelitian di Arab Saudi pun memiliki hasil akhir yakni menegaskan peran Alquran dalam meningkatkan keterampilan dasar para siswa sekolah dasar dan pengaruh yang positif dari hafalan Alquran untuk mencapai indeks prestasi (IP) yang tinggi bagi mahasiswa.

Jelas. Dari pemaparan penilitian-penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, dapat kita ketahui bahwa menghafal Alquran memiliki banyak dampak positif bagi si pelaku. Apalagi bila dijalankan secara kontinu.

Dampak tersebut dapat dirasakan terutama pada kesehatan psikis dan kepribadian orang tersebut. Dibanding dengan individu yang kurang disiplin dalam menghafal Alquran dan terhadap ajaran agama. Selain itu, berdasarkan pengalaman dan pengamatan peneliti, hafalan Alquran juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang serta membantunya terhindar dari berbagai penyakit.

wakaf aura untuk penjaga alquran

Berikut manfaat-manfaat yang dapat dirasakan dari menghafal Alquran:

  1. Pikiran yang jernih.
  2. Kekuatan memori.
  3. Ketenangan dan stabilitas psikologis.
  4. Senang dan bahagia.
  5. Terbebas dari takut, sedih dan cemas.
  6. Mampu berbicara di depan publik.
  7. Mampu membangun hubungan sosial yang lebih baik dan memperoleh kepercayaan dari orang lain.
  8. Terbebas dari penyakit takut.
  9. Dapat meningkatkan IQ.
  10. Memiliki kekuatan dan ketenangan psikilogis.

Karena Allah Swt telah berfirman:

بَلْ هُوَ آيَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ ۚ وَمَا يَجْحَدُ بِآيَاتِنَا إِلَّا الظَّالِمُونَ

“Sebenarnya, Alquran itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang dzalim” (QS. Al ‘Ankabut: 49).

Poin-poin yang telah disebutkan tersebut masih merupakan manfaat menghafal Alquran yang dirasakan di dunia. Tentunya, masih banyak manfaat yang lebih besar di akhirat nanti. Aamiin.

Pembaca dermawan, yuk ikut berdonasi bersama kami dalam program “Wakaf Qur’an untuk Penjaga Alquran”. Untuk informasi lebih lanjut silakan Klik disini. Jazakallahu khair.

 

Disadur dari: Islampos.com

Editor: Ayu SM

 

Baca yuk: Belajar Membaca Alquran di Masa Rasulullah SAW | YSDF

Adab Terhadap Alquran | YDSF

Doa Minta Rezeki Halal dan Berlimpah Sesuai Sunnah | YDSF

Keajaiban Sedekah Rutin di YDSF

Hidup Itu Sedekah | YDSF

Contoh Sedekah Jariyah di YDSF

Contoh Istiqomah dalam Beribadah | YDSF

Share: