Bantu Penuhi Gizi Nasional, YDSF Siap Distribusikan 27 Ton Daging Qurban Bebas PMK

Bantu Penuhi Gizi Nasional, YDSF Siap Distribusikan 27 Ton Daging Qurban Bebas PMK

7 Juli 2022

Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) telah 34 tahun berkontribusi dalam distribusi qurban untuk umat. Sebarannya pun tidak terbatas hanya di wilayah Indonesia saja. YDSF juga pernah melakukan distribusi qurban untuk wilayah muslim yang membutuhkan, seperti Palestina, Myanmar, Bangladesh, dan Uganda.

Menyambut Iduladha 1443 H, yang jatuh pada 10 Juli mendatang, YDSF kembali mengajak para Sahabat Donatur untuk mendistribusikan qurban untuk mereka yang membutuhkan dengan fokus pelosok Indonesia. YDSF menargetkan bisa menyalurkan kurang lebih 15 ton daging sapi dan 12 ton daging domba untuk untuk masyarakat penerima yang mayoritas berada di daerah-daerah tersebut.

Rokhmad Hidayat, Ketua Panitia Program Ekspedisi Qurban YDSF 1443 H mengatakan rencana distribusi bantuan itu akan dirupakan hewan qurban dengan penghitungan jumlah karkas (daging dan tulang) dari setiap ekor hewan sekitar 50 persen dari bobot hidup. “Hingga siang ini, penghimpunan terus berjalan dan sudah 95 persen persediaan hewan qurban yang kami kelola sudah dipesan para pequrban,” paparnya.

Rokhmad menjelaskan, tahun ini, program Ekspedisi Qurban YDSF diarahkan untuk pemenuhan protein dan gizi untuk daerah-daerah pelosok, termasuk wilayah dengan kasus stunting yang belakangan menjadi perhatian banyak pihak.

Melalui program tersebut, kata Rokhmad, distribusi daging qurban yang dilakukan oleh YDSF bisa memberikan dampak terhadap pemenuhan protein hewani masyarakat. Sehingga masyarakat yang sudah lama tidak merasakan nikmatnya makan daging bisa merasakan kembali.

Sementara itu, Direktur Pelaksana YDSF Jauhari Sani menuturkan, pada perayaan Iduladha tahun ini, YDSF menargetkan penghimpunan hewan qurban 30 persen lebih banyak dibanding dengan tahun kemarin. Pada 2021 lalu, YDSF menghimpun 1.255 ekor domba dan 105 ekor sapi dengan jangkauan distribusi dari pelosok Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Sulawesi.

“Tahun lalu, hewan qurban yang bisa kita himpun setara dengan Rp 5,3 miliar. Semoga tahun ini bisa melebihi penghimpunan tahun lalu sehingga semakin banyak pula masyarakat yang merasakan manfaatnya,” ujar Jauhari Sani.

Jauhari menambahkan, terkait dengan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), hewan qurban yang dikelola YDSF dipastikan aman dan bebas PMK. Selain diawasi dengan ketat oleh peternak, juga telah diperiksa dinas terkait serta bersertifikat.

Menurutnya, meskipun tahun ini pelaksanaan Iduladha dibarengi dengan wabah PMK, sebenarnya pemilihan hewan dengan kualitas terbaik selalu dilakukan YDSF setiap tahun untuk menjaga amanah para pequrban. (a6)


Qurban di YDSF:


Artikel Terkait:

Qurban pada Masa Nabi Muhammad | YDSF
HUKUM BAYAR AQIQAH UNTUK DIRI SENDIRI | YDSF
QURBAN, REFLEKSI PENGORBANAN HAQIQI | YDSF
QURBAN UNTUK ORANG MENINGGAL | YDSF
Perbedaan Zakat, Sedekah, dan Wakaf | YDSF


#EkspedisiQurbanYDSF

Tags: qurban di ydsf, ydsf qurban

Share:


Baca Juga

Berbagi kebaikan lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: