Amalan Membaca Al Kahfi Hari Jumat | YDSF

Amalan Membaca Al Kahfi Hari Jumat | YDSF

13 Oktober 2022

Membaca surah Al Kahfi merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan saat memasuki hari Jumat. Meski, pada sebagian orang, amalan ini sering kali terbalik dengan membaca surah Yasin setiap malam Jumat. Tak sedikit, orang yang tidak mengetahui tentang amalan membaca Al Kahfi dibandingkan dengan merutinkan baca Yasin di malam Jumat.

Munculnya tradisi Yasinan (membaca surah Yasin), mungkin berawal dari ditemukannya hadits yang berbunyi, “Barang siapa membaca surah al-Shaffat dan Yasin di hari Jumat, kemudian ia memohon kepada Allah pasti Dia mengijabahinya.” Namun, hadits ini ternyata sanadnya dhaif. Bahkan, dinilai matruk (ditinggalkan) dan pendusta.

Oleh karenanya, edukasi tentang amalan membaca surah Al Kahfi di malam atau hari Jumat menjadi sangat penting. Harapannya, dapat menggeser kebiasaan masyarakat agar sesuai sunnah ajaran Rasulullah saw. 

Waktu Membaca Al Kahfi

Dalam dalil tentang anjuran membaca Al Kahfi sebenarnya telah disebutkan pula kapan waktu untuk mulai menunaikan amalan tersebut. Mengingat bagi sebagian dari kita ada yang masih mengganggap surah tersebut panjang atau memiliki banyak ayat (110 ayat), maka perlu ada trik agar dapat rampung membaca surah Al Kahfi sebelum hari Jumat berlalu.

Rasulullah saw. bersabda, “Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah.” (HR. ad-Darimi) Pada hadits lain juga disebutkan, “Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR. Hakim & Baihaqi)

Kesimpulan, membaca surah Al Kahfi dapat dimulai sejak Kamis malam (selepas waktu maghrib) hingga keesokan harinya (Jumat).

Keutamaan Membaca Al Kahfi

Saat Rasulullah saw. mengajarkan sebuah amalan sunnah kepada umat muslim, tentu ada keutamaan yang dapat diambil. Sama halnya dengan merutinkan membaca surah Al Kahfi setiap Jumat. Terdapat beberapa keutamaan yang dapat menjadi tabungan pahala bagi kita. Di antaranya:

1.       Mendapatkan cahaya di hari kiamat dan terhindar dari fitnah Dajjal

Dinarasikan Abu Sa’id al-Khudri r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa membaca surah Al Kahfi, maka baginya cahaya di hari kiamat dari tempat tinggalnya hingga Makkah. Barangsiapa membaca sepuluh ayat terakhir (surat Al Kahfi), lalu Dajjal keluar, maka ia tidak akan terpedaya olehnya.” (HR. Hakim, Nasai dalam Kubra).

Maksud dari disebutkan ‘cahaya di hari kiamat’ adalah cahaya secara hissi (cahaya sesungguhnya) untuk menerangi seseorang di kegelapan hari kiamat. Sebagaimana Allah Swt. berfirman dalam surah Al Hadid ayat 12, “Pada hari Engkau akan melihat orang-orang yang beriman laki-laki dan perempuan, betapa cahaya mereka bersinar di depan dan di samping kanan mereka.”

Selain itu, dengan membaca surah Al Kahfi dapat menjaga seseorang dati fitnah Dajjal di hari akhir. Dalam hadist lain juga disebutkan seperti berikut: Dinarasikan Abu Darda’ r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa yang hafal (menjaga) sepuluh ayat pertama dari surah Al Kahfi. Dalam riwayat lain (sepuluh ayat terakhir dari surah Al Kahfi), maka ia akan terjaga dari fitnah Dajjal.” (HR. Muslim, abu Dawud, dan Ahmad)

Baca juga: Pelajaran dan Keutamaan Al Kahfi di Hari Jumat | YDSF

2.       Mendapatkan cahaya antara dirinya dan Ka’bah

Dinarasikan Abu Sa’id al-Khudri r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa membaca surah Al Kahfi di malam Jumat, maka baginya cahaya antara dirinya dengan Ka’bah.” (HR. Ad-Darimi)

Pada hadits ini, ‘cahaya antara dirinya dan Ka’bah’ merupakan cahaya hidayah agar seseorang dapat mudah berbuat baik, diampuni, dan terlindungi dari perbuatan dosa.

3.       Mendapatkan cahaya di dua Jumat

Dinarasikan Abu Sa’id al-Khudri r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa membaca surah Al Kahfi di hari Jumat, maka baginya cahaya dalam durasi antara kedua Jumat tersebut.” (HR. Hakim dan Baihaqi)

Makna dari ‘cahaya di dua Jumat’ ini adalah diberikan kebaikan dari Jumat (saat membaca Al kahfi) hingga Jumat di minggu berikutnya.

Selain keutamaan-keutamaan tersebut, tentu terdapat pelajaran-pelajaran berharga yang dapat kita ambil hikmahnya. Justru, bila memungkinkan, ada baiknya pula kita mencari hadits-hadits atau asbabun nuzul yang berkaitan dengan ayat-ayat di dalam Al Kahfi. Sehingga kita dapat lebih mudah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu kisah yang terkenal di dalam surah Al Kahfi adalah perjalanan Nabi Musa as. Dalam mencari ilmu. Melalui kisahnya, kita belajar untuk bersikap lemah lembut terhadap guru, mencari ilmu untuk memperoleh petunjuk, serta mengaplikasikannya.  

Yang lain, seperti ayat 23-24 dalam surah Al Kahfi yang mengajarkan kita untuk selalu mengucap ‘insya Allah’ dalam setiap apa yang akan dikerjakan. Ayat ini berhubungan dengan hadits yang dinarasikan Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Nabi Dawud memiliki 100 istri. Katanya: Aku akan menghilir semuanya dalam semalam, dan berharap semuanya hamil, melahirkan penunggang kuda yang siap jihad di jalan Allah. Lalu malaikat mengingatkannya, katakanlah insya Allah, namun ia lupa dan tidak mengucapkannya. Ia pun menggilir semua istrinya, akhirnya tidak seorang istri pun yang hamil kecuali hanya seorang yang melahirkan kurang sempurna. Maka Rasulullah saw. bersabda, “Demi yang jiwa Muhammad dalam genggaman-Nya, sekiranya Dawud mengucapkan insya Allah, tentu semua istri akan hamil dan melahirkan penunggang kuda dan mereka tangguh dalam jihad di jalan Allah.”” (HR. Bukhari dan Muslim)

Begitu banyaknya kebaikan dan keutamaan yang dapat diambil dari merutinkan membaca Al Kahfi di setiap malam hingga hari Jumat. Semoga kita termasuk dalam golongan orang-orang yang istiqamah mengamalkannya. Aamiin.

 

Sedekah Jumat Mudah:


Artikel Terkait:

Nikmatnya Membaca Al Kahfi | YDSF
WAKAF TERBAIK UNTUK ORANG TUA TERCINTA | YDSF
Al-Qur’an Sebagai Petunjuk Hidup yang Benar | YDSF
ZAKAT UNTUK RUMAH LEBIH DARI SATU | YDSF
Doa Pagi Hari Ajaran Nabi Muhammad saw. | YDSF
HUKUM LELANG DAN JUAL BELI WAKAF DALAM ISLAM | YDSF


Tags: baca al kahfi, amalan membaca al kahfi, membaca al kahfi, al kahfi, al kahfi jumat, baca al kahfi jumat

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: