Amalan Bulan Rajab, Sunnah atau Bid’ah? | YDSF

Amalan Bulan Rajab, Sunnah atau Bid’ah? | YDSF

7 Februari 2022

Bulan Rajab, menjadi salah satu bulan haram dalam Islam, sehingga tak heran bila kita dianjurkan untuk memperbanyak amalan kebaikan selama bulan Rajab. Mungkin, saat ajakan itu adalah sebuah kebaikan, kita sering terlewat dalam mencari tahu apakah itu sunnah atau bid’ah.

Rajab, Bulan Haram dalam Islam

Rasulullah saw. bersabda, “Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadil (akhir) dan Sya’ban.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Terkadang, ketika sebuah waktu dijadikan lebih baik dalam Islam, kemudian banyak amalan-amalan baru yang tidak diajarkan oleh Rasulullah saw. ataupun dicontohkan para sahabat Rasul lalu bermunculan. Tanpa mengetahui asal muasalnya, amalan-amalan tersebut lantas menjadi sebuah budaya “kebaikan” baru oleh sebagian besar umat muslim.

Bulan haram merupakan bulan suci yang dimuliakan. Diistilahkan dengan kata bulan haram sebenarnya merupakan pengingat agar di bulan tersebut diharamkan terjadinya pembunuhan dan hal-hal haram lainnya. Maka, kita harus benar-benar menjaga amalan selama bulan haram, salah satunya di bulan Rajab.

Baca juga: MENJADI BULAN HARAM, BENARKAH RAJAB ADALAH BULAN ALLAH? | YDSF

Bahkan, ada pula hadits palsu yang beredar dan menyebutkan bahwa bulan Rajab adalah bulan Allah. Astaghfirullah. Hadits tersebut berbunyi: “Bulan Rajab adalah bulan Allah, bulan Sya’ban adalah bulan saya, dan bulan Ramadhan adalah bulan umatku.”

Mengupas Amalan Bulan Rajab

Banyak beredar ajakan tentang amalan-amalan yang dianjurkan untuk diperbanyak dilakukan selama bulan haram. Namun, apakah itu memang diajarkan oleh Rasulullah saw.? Mari kita simak penjelasan berikut tentang amalan bulan Rajab:

1. Puasa Sunnah Bulan Rajab

Kita mungkin sering diajak oleh orang-orang terdekat untuk berpuasa pada hari pertama bulan Rajab, atau bahkan mungkin tujuh hari berturut-turut selama awal bulan Rajab. Memang, boleh puasa di bulan rajab sebagai bulan haram (QS. At-Taubah: 36). Namun, tidak mengkhususkan berpuasa pada hari tertentu, seperti puasa pada satu Rajab hingga tujuh Rajab.

Syaikh Shalih Al-Munajjid hafizhahullah berkata, “Adapun mengkhususkan puasa pada bulan Rajab, maka tidak ada hadits shahih yang menunjukkan keutamaannya atau menunjukkan anjuran puasa saat bulan Rajab.” (Fatwa Al-Islam Sual wa Jawab no. 75394).

2. Amalan Shalat dan Dzikir-dzikir Khusus Bulan Rajab

Tidak ada amalan shalat khusus pada malam-malam bulan Rajab, begitupun anjuran dzikir-dzikir khusus.

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, “Setiap hadits yang membicarakan puasa Rajab dan shalat pada sebagian malam (seperti shalat setelah Maghrib pada malam-malam pertama bulan Rajab, pen), itu berdasarkan hadits dusta.” (Al-Manar Al-Munif, hlm. 49).

Baiknya, tetap memperbanyak dzikir tanpa perlu membedakan jumlah antara di hari biasa atau di hari-hari selama bulan Rajab.

3. Segera Melunasi Utang Puasa Ramadhan 

Rajab, merupakan bulan yang datang tepat dua bulan sebelum bulan Ramadhan. Sehingga, sangat dianjurkan untuk umat muslim segera membayar utang puasa Ramadhan. Karena, wajib hukumnya bagi setiap muslim untuk membayar utang puasa Ramadhan yang lalu sebelum bertemu dengan ramadhan yang akan datang.

Allah Swt. berfirman, “Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.” (QS. Al-Baqarah: 185).

Silakan memperbanyak amalan kebaikan selama bulan Rajab sebagai salah satu bulan haram tanpa harus melakukan perbedaan dengan bulan haram lainnya. Jangan sampai karena kita terlalu mengagungkan bulan Rajab, kedudukan Ramadhan menjadi lebih rendah dibandingkan bulan Rajab. Naudzubillah. (yul, asm)

 

Featured Image by Pexels.


Donasi Huntara, Klik:


Artikel Terkait:
MEMUPUK SIFAT KEDERMAWANAN DAN MENELADANI RASULULLAH | YDSF
Kisah Mualaf, Hidayah Melalui Mimpi | YDSF
ZAKAT SEBAGAI PENGURANG PAJAK | YDSF
Keutamaan Puasa Senin Kamis | YDSF
APA ITU WAKAF? PENGERTIAN, DALIL, DAN HUKUM WAKAF | YDSF

Tags: Amalan Bulan Rajab, Amalan bulan Rajab Sunnah Atau Bid'ah, Amalan Rajab, Puasa Rajab, Sunnah Rajab

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: