Aksi Gerakan Beli dan Sedekah Telur Bersama FOZ Jawa Timur

Aksi Gerakan Beli dan Sedekah Telur Bersama FOZ Jawa Timur

12 Oktober 2021


Magetan, 8 Oktober 2021

Beberapa bulan terakhir peternak ayam petelur di Magetan menjerit akibat harga telur anjlok. Tak sedikit pula peternak yang mulai gulung tikar, karena imbas dari pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM selama pandemi Covid-19 berlangsung. 


Akibatnya, stok telur ayam ras produksi peternak Magetan di pasaran melimpah ruah, sementara daya beli masyarakat terus menurun. Diketahui saat ini harga telur menyentuh di angka Rp.14.000/kg. Ditambah harga pakan ayam lainnya justru mengalami kenaikan.


Tanggap akan hal tersebut, YDSF bersama Lembaga  Zakat Se-Jawa Timur yang tergabung dalam Forum Zakat (FOZ) turun aksi dan berkolaborasi, untuk membeli telur ayam dari peternak lokal di wilayah Magetan dengan semangat "Gerakan Beli dan Sedekah Telur". Kegiatan tersebut merupakan ajang untuk memfasilitasi pemasaran telur ayam ras peternak lokal Kabupaten Magetan yang harganya turun drastis.


"Kami ada sekitar 30 lembaga zakat, yang tersebar di berbagai daerah di Jawa timur, berinisiatif bersama-sama membantu meringankan nasib peternak ayam petelur skala kecil yang mengalami kerugian akibat turunnya harga jual telur," kata Kholaf hibatullah selaku  Ketua Foz Jawa Timur.


“Aksi Gerakan Beli dan Sedekah Telur tersebut disalurkan kepada 1.067 penerima manfaat, sekaligus untuk pemenuhan gizi masyarakat dan peningkatan imun tubuh di masa pandemi. Dan aksi kemanfatan ini InsyaAllah akan berlanjut di Kabupaten Blitar untuk membantu peternak ayam bertelur disana." Imbuhnya.


“YDSF ikut serta berkolaborasi bersama rekan-rekan lembaga yang lain berhasil mengumpulkan dana sebesar 40 juta. Dana ini kami salurkan dengan membeli dan membagikan 2 ton telur untuk kaum dhuafa,” Ucap Mashari salah satu Tim YDSF.


Dalam kesempatan ini, hadir juga Bupati Magetan Suprawoto, beliau sangat berterima kasih kepada Forum Zakat Jawa Timur atas kepeduliannya membantu dan bersama-sama berkolaborasi dalam bingkai kepedulian untuk mengkampanyekan membeli telur sekaligus bersedekah telur. Karena di tengah pandemi, kita harus menjaga imun, berbagi sesama dan menebar manfaat untuk semua.

Tags: Sedekah Telur, Berbagi Sesama, FOZ Jawa Timur

Share:


Baca Juga

Berbagi kebaikan lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: