Adab Anak terhadap Orang Tua dalam Islam | YDSF

Adab Anak terhadap Orang Tua dalam Islam | YDSF

2 Februari 2022

Menjaga adab seorang anak terhadap kedua orang tuanya, menjadi salah satu ajaran penting dalam Islam. Begitu adilnya Islam menjunjung kemuliaan orang tua, serta bagaimana seharusnya kasih sayang yang didapatkan oleh sang anak. Ketika keduanya dapat berjalan dengan selaras dalam sebuah keluarga, tentu akan menjadikan keluarga tersebut keluarga yang penuh berkah dan selalu dalam naungan kehangatan Islam.

Ada seorang laki laki yang datang kepada Rasulullah shallahu Alaihhi Wallam untuk mengajukan sebuah pertanyaan. Laki laki tersebut  bertanya: “Ya Rasulullah, siapakah orang yang paling berhak dan paling utama saya perlakukan dengan baik?” Beliau menjawab, “Ibumu.” Laki-laki itu bertanya lagi, “Kemudian siapa lagi?” Beliau menjawab, “Ibumu.” Ia bertanya lagi, “Kemudian siapa lagi?” Beliau menjawab, ”Ibumu.” Ia bertanya lagi, “Kemudian siapa lagi?” Beliau menjawab, “Kemudian bapakmu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Demikianlah baginda nabi Muhammad shallahu alaihi wasallam menegaskan bahwa Ibu dan ayah merupakan sosok yang paling berhak mendapatkan penghormatan, pemuliaan, kebaikan dan bakti dari seorang anak. Adab kita kepada kedua orang tua harus lebih kita utamakan daripada kepada selain keduanya. Namun sangat disayangkan di era sekarang ini, adab anak terhadap orang tua nampaknya tak lagi dijaga dengan apik seperti di masa-masa lampau.

Cara berbicara yang kasar, tidak patuh terhadap orang tua, mengabaikan kebutuhan dan keperluan orang tua menjadi fenomena yang sering kita lihat atau dengar. Padahal kesuksesan hidup anak dunia dan akhirat tergantung dari ridhanya orang tua. Sehingga, menjaga adab pada orang tua menjadi hal yang memang sangat penting. Sebagaimana Nabi Muhammad shallahu alihi wasallam  bersabda: “Ridha Allah ada pada ridha kedua orang tua dan kemurkaan Allah ada pada kemurkaan kedua orang tua.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Hibban, dan Hakim).

Baca juga: Ummu Yulyani dan Hamas Syahid, Ibu dan Anak Inspiratif Ummat | YDSF

4 Adab Anak pada Orang Tua

Bagaimana Islam mengatur adab anak kepada orang tuanya? Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazaairi pada kitab Minhajul Muslim menjelaskan adab dan etika seorang anak kepada orang tua sebagaimana yang telah diajarkan dalam Islam, seperti berikut:

1. Adab dalam taat dan patuh pada orang tua. Taat dan patuh terhadap keduanya dalam semua perintah dan larangannya  kecuali jika perintah dan larangan keduanya bertentangan dengan perintah dan larangan dari Allah, maka anak wajib mendahulukan perintah Allah dan larangan Nya.

2. Adab dalam menghormati dan memuliakan kedudukan keduanya, merendahkan suara (di hadapan keduanya), memuliakan keduanya dengan perkataan dan perbuatan, tidak menghardik keduanya, tidak berjalan di depan keduanya, tidak mendahulukan istri dan anak atas keduanya, tidak memanggil keduanya dengan namanya langsung tapi dengan panggilan “Ayah dan Ibu”, serta tidak berpergian kecuali kecuali dengan izin dan keridhoan orang tuanya.

3. Berbakti kepada keduanya dengan beragam kebaikan yang mampu dikerjakan oleh anak, sesuai dengan kesanggupannya, seperti memberi makan dan pakaian kepada kedua orangtuanya, mengobati penyakit keduanya, mencegah gangguan yang akan menimpa keduanya dan berkorban untuk kebaikan keduanya.

4. Adab saat orang tua sudah meninggal (atau salah satunya), maka hendaknya anak terus berbakti kepada keduanya dengan menyambung hubungan kekerabatan dari jalur keduanya, mendoakan dan memintakan ampun untuk keduanya, menunaikan janji serta memuliakan teman-teman keduanya.

Sebegaimana pun buruknya orang tua, kita tetap harus menjaga adab sebagai seorang anak terhadap mereka. Jangan sampai karena sedikit salah yang mereka lakukan, membuat kita melupakan segala perjuangan dan kasih sayang yang selama ini diberikan. Hingga kemudian berujung menjadi durhaka. Naudzubillahimindzalik.

 

Sumber: Majalah Al Falah Edisi Februari 2022

 

Featured Imaged by Pexels


Donasi Huntara untuk Semeru

 


Artikel Terkait:
MENDIDIK ANAK KOMUNIKATIF DENGAN ORANG TUA | YDSF
Bayar Zakat untuk Orang Tua yang Meninggal | YDSF
HUKUM BAYAR ZAKAT ONLINE DALAM ISLAM
Amanah Rumah Wakaf dari Sepupu yang Meninggal | YDSF
HUNTARA UNTUK KORBAN BENCANA | YDSF

Tags: adab anak terhadap orang tua, adab anak terhadap orang tua dalam islam, adab kepada orang tua, adab kepada orang tua dalam Islam

Share:


Baca Juga

Berinfaq/Bersedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: