7 Keberkahan di Hari Jumat, Saatnya Perbanyak Amalan Sunah| YDSF

7 Keberkahan di Hari Jumat, Saatnya Perbanyak Amalan Sunah| YDSF

4 Agustus 2023

Sebagai seorang muslim, hari Jumat diyakini sebagai hari yang penuh dengan keberkahan. Banyak amalan sunah yang dapat diperbanyak selama satu hari tersebut. Begitu istimewanya Jumat bagi umat Muslim. Namun, tahukah Sahabat bahwa sebelum kita kenal dengan Jumat, ternyata hari keenam dalam kalender Islam ini memiliki istilah lain dulunya?

Arab Jahiliyah menggunakan istilah ‘Arubah untuk menamai hari Jumat saat itu. Artinya, berbangga-banggaan, bergagah-gagahan, berhias, dan kasih sayang. Setelah Islam datang, salah satu agenda dakwah Rasulullah adalah mengubah penamaan bulan dan hari yang kemudian kita kenal dengan kalender hijriah hingga saat ini.

Saat Rasulullah ditanya mengapa dinamakan dengan hari Jumat, beliau bersabda, ““Karena pada hari itu, tanah liat ayah kalian, Adam, dicetak. Pada hari itu, kiamat dan kebangkitan terjadi. Pada hari itu pula, kehancuran melanda. Di akhir tiga waktu pada hari itu, ada satu waktu, barang siapa yang berdoa kepada Allah pada waktu itu pasti doanya dikabulkan.” (termaktub dalam kitab Nailul Autar dan Fathul Bari jilid 2 – 113).

Sedangkan, dalam bahasa Arab, Jumat berasal dari kata al-jumu’a yang masih satu akar dengan kata jama’a. Dengan memiliki arti yaitu berkumpul atau jamaah. Karena pada hari ini pula, umat Muslim berkumpul untuk melaksanakan ibadah shalat Jumat.

Baca juga: PELAJARAN DAN KEUTAMAAN AL KAHFI DI HARI JUMAT | YDSF

Selama 1x24 jam di hari Jumat, banyak keberkahan yang dapat kita raih. Apa sajakah itu?

7 Keberkahan Hari Jumat yang Dapat Kita Raih

1. Hari yang Agung

Saat Islam datang, banyak mitos atau kebiasaan-kebiasaan tidak baik dari kaum Jahiliyah yang diubah oleh Allah Swt. menjadi penuh rahmat. Salah satunya, untuk hari Jumat. Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa Arab Jahiliyah menganggap hari ‘Arubah sebagai hari untuk bersenang-senang saja. Tidak dengan Islam. Allah Swt. membuat hari Jumat menjadi hari yang paling agung di antara lainnya.

Dari Abu Hurairah r.a. dan Hudzaifah, Rasulullah saw. bersabda, “Allah menyimpangkan kaum sebelum kita dari hari Jumat. Maka untuk kaum Yahudi adalah hari Sabtu, sedangkan untuk orang-orang Nasrani adalah hari Ahad, lalu Allah membawa kita dan menunjukan kita kepada hari Jumat.” (HR. Muslim).

2. Hari Terciptanya Nabi Adam a.s.

Dalam hadits yang diriwayatkan Imam Muslim, dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.”

3. Diturunkannya Nabi Adam a.s. dan Hawa ke Bumi serta Kembali ke Surga

Pada tafsir surah Al-Baqarah ayat 36, terdapat hadits yang berkaitan dengan peristiwa diturunkannya Nabi Adam a.s. dan Hawa ke bumi. Namun dalam ayat tersebut, Allah Swt. tidak berfirman secara langsung hari apakah yang dimaksud.

Penjelasannya ada dalam hadits Rasulullah saw., “Sebaik-baik hari yang terbit matahari padanya adalah hari Jumat. Pada hari Jumat Adam diciptakan, pada hari Jumat pula ia dimasukkan ke dalam surga, dan pada hari Jumat pula ia dikeluarkan darinya.” (HR. Muslim dan Nasai).

4. Terjadinya Hari Kiamat

Meski kita tidak diberi tahu secara pasti kapan akan terjadi kiamat, tetapi Rasulullah saw. telah mengingatkan umat Muslim bahwa kiamat akan terjadi pada hari Jumat. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan telah disebutkan dalam artikel ini pada poin kedua.

5. Waktu Mustajab Berdoa

Mengulang-ulang doa hingga dikabulkan oleh Allah Swt., merupakan koneksi terbaik antara kita dengan-Nya. Meski begitu, akan lebih indah bila kita melakukannya di waktu-waktu mustajabnya doa. Hari Jumat, menjadi salah satunya.

Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seorang Muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.’ Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

6. Husnul Khotimah bagi Orang Wafat di Hari Jumat

Hal terindah yang menjadi penghujung dari kehidupan dunia seorang muslim adalah wafat husnul khotimah. Hendaknya, ini menjadi salah satu hal yang sering kita panjatkan kepada-Nya. Dan, Jumat menjadi hari terbaik seorang muslim untuk wafat.

"Tidak ada seorang muslim pun (laki-laki atau perempuan, anak kecil atau pun dewasa) meninggal dunia pada hari Jumat atau pada malam Jumat. Melainkan Allah akan melindunginya dari fitnah kubur." (HR Ahmad).

7. Dilipatgandakannya Pahala

Imam Syafii dalam kitab Al-Umm bab “Hal-hal yang Diperintahkan di Hari dan Malam Jumat”, meriwayatkan hadits berikut, “Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan.’” (berbagai sumber).

 

Sedekah Mudah di YDSF

 

Artikel Terkait:

CARA MENGHITUNG ZAKAT PENGHASILAN | YDSF
Batasan Air untuk Wudhu | YDSF
KONSULTASI ZAKAT DARI TABUNGAN GAJI DI BANK | YDSF
Menikah Tapi Tidak Cinta Suami | YDSF
MENGELUARKAN SEDEKAH DARI BUNGA BANK | YDSF
Tips Awal Memilih Pasangan Untuk Menumbuhkan Generasi Shalih | YDSF
APA ITU WAKAF? PENGERTIAN, DALIL, DAN HUKUM WAKAF | YDSF

 

Riyadhus Shalihin Bab Taubat (BAGIAN 3) | Ustadz Isa Saleh Kuddeh


Tags: muslim keberkahan Jumat, 7 keberkahan hari jumat, keberkahan hari jumat, jumat berkah, berkah jumat, ydsf, berkah, jumat, amalan jumat, keberkahan

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: