7 Amalan Terbaik Saat Ramadhan | YDSF

7 Amalan Terbaik Saat Ramadhan | YDSF

14 April 2022

Di bulan suci Ramadhan, ada berbagai macam amalan terbaik yang dapat kita lakukan untuk meraih ganjaran berlipat ganda dari Allah Swt. Bahkan, amalan-amalan kebaikan yang kecil pun juga akan tetap dicatat dan dilipatgandakan ganjarannya. Masyaa Allah, begitu mulianya kebaikan Ramadhan.

Amalan Terbaik di Bulan Ramadhan

Begitu mudah dan indahnya Islam, sehingga untuk dapat melakukan hal-hal baik tak perlu rumit. Namun, dalam bulan Ramadhan, ada beberapa amalan yang dapat kita lakukan untuk menjadi amalan terbaik. Bila kita lakukan karena ikhlas dan lillahita’ala, insyaa Allah akan menjadi ladang pahala dan tabungan terbaik kita kelak.

Lantas, apa saja amalan terbaik yang dapat dilakukan saat Ramadhan selain menunaikan ibadah puasa?

1. Shalat Malam

Shalat malam atau yang kita kenal dengan sebutan qiyamul lail, bukan hanya mencakup shalat hajat dan tahajud di malam hari saja. Shalat tarawih dan witir yang menjadi sunnah yang sangat dianjurkan untuk ditunaikan selama bulan Ramadhan.

Shalat tarawih dan witir sebenarnya juga merupakan bagian dari shalat malam. Rakaatnya pun dapat dilakukan total 11 rakaat ataupun 23 rakaat.

Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan (shalat tarawih) karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca juga: Perbedaan Shalat Tahajud dan Shalat Lail | YDSF

2. Perbanyak Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an menjadi sebuah amalan yang sejatinya dapat kita lakukan meski tidak sedang berada di bulan Ramadhan. Namun, memperbanyak membaca Al-Qur’an menjadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Utamanya, karena bulan suci ini juga menjadi bulan turunnya Al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup selurut umat.

Allah swt. berfirman, “Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an. Ini sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” (QS Al Baqarah: 185).

3. Bersedekah

Semakin rajin bersedekah di bulan Ramadhan merupakan salah satu amalan yang juga dicontohkan oleh Rasulullah saw. Beliau memanglah sosok yang penderma yang patut kita teladani.

Dari Ibnu ‘Abbas r.a., ia berkata, “Nabi saw. adalah orang yang paling gemar bersedekah. Semangat beliau dalam bersedekah lebih membara lagi ketika bulan Ramadhan tatkala itu Jibril menemui beliau. Jibril menemui beliau setiap malamnya di bulan Ramadhan. Jibril mengajarkan Al-Qur’an kala itu. Dan Rasul saw.  adalah yang paling semangat dalam melakukan kebaikan bagai angin yang bertiup.”

4. Memberi Makan Orang yang Berpuasa

Bentuk sedekah yang paling sederhana yang dapat kita lakukan di bulan Ramadhan adalah memberi makan untuk oranng-orang yang menunaikan ibadah puasa. Konteks memberi makan yang dimaksud adalah memberikan buka puasa dan sahur.

Rasulullah saw. bersabda, “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi)

5. I’tikaf

Melakukan i’tikaf, memang sangat dianjurkan utamanya saat kita telah memasuki sepuluh hari terakhir Ramadhan. I’tikaf bukan hanya sekadar berdiam diri di masjid. Namun, selama i’tikaf itulah, sejatinya menjadi momen terbaik untuk kita melakukan muhasabah, merenung, memohon, dan mendekatkan diri dengan sepenuh hati kepada Sang Ilahi.

Dari ‘Aisyah r.a., ia berkata bahwasanya Nabi saw. biasa beri’tikaf di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan hingga beliau diwafatkan oleh Allah. Lalu istri-istri beliau beri’tikaf setelah beliau wafat. (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca juga: Fidyah dalam Islam dan Ketentuannya | YDSF

6. Menghidupkan Lailatul Qadar

Sebagaimana kita ketahui, bahwa dalam Ramadhan, terdapat keistimewaan yang tidak kita jumpai di bulan-bulan lain. Hal itu adalah malam lailatul qadar. Yang mana, setiap insan tidak sama dalam mendapatkannya.

Untuk dapat mendapatkan lailatul qadar, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah semakin bersemangat dalam mengerjakan ibadah.  

7. Makan Sahur

Makan saat sahur mungkin terlihat sepele dan terkesan dapat dilewatkan. Namun, justru amalan ini juga menjadi salah satu yang sering dilakukan oleh Rasulullah  saw. sebelum menunaikan ibadah puasa Ramadhan.

Dari Anas bin Malik, ia berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (Muttafaqun ‘alaih)

Istiqomah dalam Melakukan Amalan Kebaikan

Untuk dapat menunaikan seluruh amalan kebaikan selama Ramadhan, kuncinya adalah istiqomah. Jangan sampai beberapa amalan kebaikan yang sebenarnya juga dapat dilakukan pasca Ramadhan justru terputus. Hanya karena momen dan euforia Ramadhan telah terlewatkan. (asm)

  

Sedekah Ramadhan:


Artikel Terkait:
Tata Cara Shalat Tarawih dan Witir | YDSF
PERBANYAK SEDEKAH SAAT RAMADHAN | YDSF
Batas Penghasilan Wajib Zakat | YDSF
APA SAJA YANG HARUS DISIAPKAN SEBELUM MENUNAIKAN WAKAF? | YDSF
Siapa yang Harus Membayar Fidyah Istri? | YDSF
WAKTU MEMBAYAR ZAKAT MAAL | YDSF

Tags: amalan terbaik ramadhan, amalan ramadhan, ramadhan

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: