Program Siaga Bencana


  • Katalog Program:

    Program Siaga Bencana

  • Keterangan:

    Berada di antara dua lempengan yang bertemu, diapit oleh dua samudera besar di dunia, bahkan terletak pada kawasan tropis, telah membuat Indonesia menjadi negara yang sangat kaya. Subur tanahnya, elok negerinya. Menjadi bagian dari Indonesia, tentunya membuat kita hendaknya banyak memanjatkan syukur kepada Allah Swt.

    Namun, seluruh kondisi yang indah itu, nampaknya juga tak luput dari risiko bencana yang ada. Mulai dari banjir, longsor, gempa, bahkan hingga tsunami, sering mampir di negeri kita tercinta ini. Alhasil, banyak saudara setanah air kita yang menjadi bagian dari korban bencana.

    Kerugian baik secara materiil dan non materiil pun dirasakan. Bahkan trauma juga masih menjalar. Masih teringat jelas, di tahun 2018 gempa Lombok, tsunami Banten, hingga gempa dan tsunami Palu-Donggala, telah meluluhlantakkan Ibu Pertiwi. Sedangkan pada Januari hingga Oktober 2019, tercatat sebanyak 652.893 orang (meninggal, hilang, luka-luka dan mengungsi) menjadi korban bencana. Mulai dari bencana banjir, tanah longsor, gelomban pasang (abrasi), putting beliung, karhutla, hingga gempa bumi. (Data: DIBI BNPB)

    Berawal dari kepedulian dan tanggap bencana inilah, YDSF membentuk sebuah unit bernamakan Unit Aksi Cepat (UAC) untuk dapat terjun langsung ke kawasan terdampak bencana. Bukan hanya sekedar survei, namun juga memberikan bantuan. Selain fisik dalam membantu para korban, UAC YDSF juga menyalurkan bantuan materiil yang diberikan oleh para donatur. Pun juga ada pembinaan-pembinaan mental agar para korban dapat pulih bukan hanya dari segi fisik saja, namun juga mental mereka.

    Mari bergerak bersama YDSF dalam membantu pemulihan para saudara kita yang menjadi korban terdampak bencana di seluruh penghujung negeri. Meski sedikit bantuan dari kita, memulihkan kondisi mereka!

    Beberapa rekam jejak kemanusiaan Tim UAC YDSF:

    1. 1. PENYALURAN BANTUAN SEMBAKO KE SALAH SATU LOKASI TERDAMPAK BENCANA LONGSOR di DESA MANGUNHARJO, PACITAN
    2. 2. YDSF Berikan 350 Huntara untuk Korban Bencana Lombok
    3. 3. Bantuan Donatur YDSF Tiba di Palu, Donggala, dan Sigi

  • Harga:

    Rp. 500.000

Jumlah