UPDATE NEWS

...

Friday, 5 January 2018 09:00

Silaturrahim Program Kaderisasi Ulama (PKU) Angkatan XI

80 CALON ULAMA ANGKATAN XI YANG SIAP BERDAKWAH

Jum'at (05/01/2018)
Hari ini kantor Graha Zakat YDSF kedatangan tamu dari peserta Program Kaderisasi Ulama (PKU) Angkatan XI. Silaturahim PKU ini merupakan acara tahunan untuk penyambutan kelulusan peserta PKU. Sehubungan YDSF yang membiayai kegiatan ini dan bermitra dengan Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, maka silaturahim ini diselenggarakan. Silaturahim ini juga disertai laporan tahunan Kaderisasi Ulama Angkatan XI. Selain ini para peserta juga mengadakan safari di luar YDSF misal ke MUI Jatim, Ponpes Hidayatullah, ITS Surabaya, UNAIR, UINSA Surabaya yang bertujuan sebagai sidang umum untuk tugas akhir dari peserta.

Kaderisasi Ulama adalah program khusus yang diadakan oleh Universitas Darussalam Gontor bekerjasama dengan MUI Pusat dan Yayasan Dana Sosial al Falah Surabaya untuk mengkader ulama. Salah satu persyaratannya adalah mereka harus selesai S1 lebih dahulu dan menguasai bahasa pengantar (Arab dan Inggris). Dengan kata lain ini merupakan kursus singkat kaderisasi ulama bagi sarjana.

Total lulusan angkatan XI berjumlah 80 orang dari berbagai daerah. Setiap daerah mengirim utusan untuk kuliah singkat di PKU selama 6 bulan, diantaranya dari Kaltim, Sumatra, Jawa. Setelah lulus mereka kembali ke daerah asal menerapkan ilmu yang didapatkan. “YDSF berkontribusi memberikan pendanaan penuh dalam program ini selama 6 bulan total senilai Rp. 435 juta, untuk tahun ini untuk 40 peserta, karena tahun ini ada 2 elemen yang mendanai selain YDSF yaitu Pemda Kaltim,” jelas Mashari selaku penanggung jawab acara.

Ketua Pembina YDSF, Prof. Mahmud Zaki, MSc., menyampaikan dalam sambutannya bahwa semua Lembaga Amil Zakat sejenis YDSF bertujuan sama yaitu berdakwah. “Jadi kami bukan bersaing, namun seringkali kami bekerja sama dalam berdakwah, untuk itulah kami butuh program seperti ini untuk sarana bersinergi dalam berdakwah,” kata beliau.

Direktur PKU, Dr. Hamid Fahmi Zarkasih, Mpd, M.Phil juga menyampaikan, kehadiran para peserta ini langsung di tempat penyandang dana yaitu YDSF. Sehingga silaturahim ini sekaligus pelaporan secara administrasi.

Para peserta Program Kaderisasi Ulama (PKU) Angkatan XI

Foto bersama Calon Ulama Ikhwan di depan Graha Zakat YDSF Surabaya

Foto bersama Calon Ulama Akhwat di depan Graha Zakat YDSF Surabaya

Foto bersama Pengurus

 

Share: