BERDOA JUGA ADA ADABNYA

BERDOA JUGA ADA ADABNYA

17 Januari 2021

Doa adalah salah satu ibadah yang disyariatkan untuk selalu di jalankan. Sebagai senjata utama para muslimin yang menadapat jaminan ijabah dari Allah dengan berbagai tuntunan yang juga harus diikuti. Diantara tuntunan itu ada adab-adab yang sering dilupakan oleh sebagian besar kita. Yang sering juga kita tidak menyadari bahwa dari adab-adab berdoa ini lah doa kita akan cepat di ijabah oleh Allah.

 

  1. Mengawali dan mengakhiri Doa dengan Shalawat

 

Dari Ali bin Abi Thalib radliallahu ‘anhu yang menyatakan:

 

كل دعاء محجوب حتى يصلى على النبي صلى الله عليه وسلم

 

“Semua doa itu terhalang, sampai dibacakan shalawat untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam” (Syekh al-Albani menyatakan hadits ini adalah perkataan Ali bin Abi Thalib yang di derajatkan Hasan)

 

  1. Memuji Allah dengan nama-Nya yang Agung (Asmaul Husna)

 

Sering kita berdoa kepada Allah tanpa memuji-Nya terlebih dahulu, sedangkan dari memuji-Nya Insyaa Allah doa kita akan cepat terangkat kepada-Nya

 

لَقَدْ دَعَا اللَّهَ بِاسْمِهِ الْعَظِيمِ الَّذِى إِذَا دُعِىَ بِهِ أَجَابَ وَإِذَا سُئِلَ بِهِ أَعْطَى

 

“Sungguh ia telah berdo’a pada Allah dengan nama yang agung  di mana siapa yang berdo’a dengan nama tersebut (Yaa Hayyu dan Yaa Qayyum), maka akan diijabahi. Dan jika diminta dengan nama tersebut, maka Allah akan beri.” (HR. Abu Daud no. 1495 dan An-Nasa’i no. 1301. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

 

Dua nama Allah ini terdapat di beberapa surat di Al-Qur’an, yang diantaranya ada pada surah Al-Baqarah : 255 (Ayat Kursi)

 

  1. Membaca Doa Dzun Nun (Nabi Yunus) saat berdoa

 

Tentu kita semua tahu kisah Nabi Yunus saat beliau ditelan ikan paus yang banyak diceritakan dibuku juga dalam Al-Qur’an. Saat di dalam perut ikan, Nabi Yunus berdoa yang Allah Abadikan di dalam Al-Qur’an dan tidak lama setelah berdoa Nabi Yunus di keluarkan oleh Allah dari perut ikan dan bergabung lagi dengan kaumnya kembali.

 

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam mensabdakan bahwa ada Faedah yang besar mengenai doa Nabi Yunus ini.

 

دَعْوَةُ ذِى النُّونِ إِذْ دَعَا وَهُوَ فِى بَطْنِ الْحُوتِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ. فَإِنَّهُ لَمْ يَدْعُ بِهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ فِى شَىْءٍ قَطُّ إِلاَّ اسْتَجَابَ اللَّهُ لَهُ

 

“Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: LAA ILAAHA ILLAA ANTA SUBHAANAKA INNII KUNTU MINAZH ZHAALIMIIN (Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk diantara orang-orang yang berbuat aniaya). Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah melainkan Allah kabulkan baginya.” (HR. Tirmidzi no. 3505. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

 

Sungguh besar Faedah Doa Nabi Yunus bila kita terapkan dan Tadabburi.

 

Dengan mengetahui banyaknya adab berdoa yang sering kita lupakan dan ternyata memiliki Faedah yang besar bagi terkabulnya Doa kita. Sehingga di kemudia hari, diharapkan kita lebih baik dalam berdoa dan semakin tawadhu dalam beribadah, Insyaa Allah. (Putra)

 

Baca juga:

13 Adab dalam Berdoa | YDSF

Bagaimana Cara Membedakan Bid’ah atau Bukan?

Contoh Istiqomah dalam Beribadah | YDSF

Waspadai Perkara Perusak Amal | YDSF

Amalan Ringan Berpahala Besar

Karakteristik Para Hamba yang Dicintai Allah  | YDSF

Segera Konsultasikan Zakat Anda di YDSF

WAKTU TERBAIK TERKABULNYA DOA | YDSF

Tags:

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: